GURU DAN GENERASI YOUTUBE
Jika zaman tahun 1990
hingga 2000-an generasi saat itu sangat hobi menonton acara televisi, orang-orang
zaman “now” lebih hobi mengakses platform digital Youtube. Maka generasi
sekarang ini juga mendapat sebutan sebagai generasi youtube. Sebagian orang tak bisa lepas dari
mengakses YouTube setiap harinya. Medium streaming video paling populer di dunia itu menjadi situs paling
banyak dikunjungi kedua di dunia, setelah Google. YouTube sempat
mencatatkan rekor untuk jumlah pengguna atau pengunjung bulanan sebanyak dua
miliar pengguna per bulan. Maka tidak bisa dipungkiri platform Youtube akhirnya
menjadi salah satu pilihan untuk mengakali Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada
masa pandemi ini oleh para Guru di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Hal
ini dilakukan untuk menghadirkan pembelajaran yang selaras pada Abad ke-21 apalagi
di masa Pandemi ini. Para guru yang biasanya hanya menjadi konsumen youtube
untuk mengunduh video pembelajaran atau hanya sekedar mencari hiburan dengan melihat
penampilan Youtuber Indonesia dengan subscriber terbanyak yaitu Atta Halilintar
dengan 23 juta subscribers
atau acara yang sedikit serius misalkan menyimak konten channel Youtube Deddy
Corbuzier dengan Subscriber 9 Juta. Sekarang mayoritas guru mulai memasuki zaman
adaptasi pembelajaran gaya baru dengan menjadi konten kreator. Tidak sedikit
juga guru-guru yang chanbel youtube sudah dimonetisasi sehingga para guru
tersebut makin rajin membuat video pembelajaran yang menarik sesuai karakteristik
siswa hari ini yang merupakan generasi youtube. Biasanya para guru mulai
mencoba merekam layer powerpoint mereka dengan perangkat perekam layar kemudian
muncul gambar sang guru tersebut sedang menjelaskan materi yang sedang
diajarkan, konsep “green screen” menambah kemampuan guru untuk bermain
layer pada proses editing video pembelajaran tesebut. Para guru hari ini juga “dipaksa”
untuk mahir mengedit video pembelajaran menggunakan perangkat editing video
seperti Movavi dan lain-lain sebelum diunggah ke youtube. Saya merasakan
sendiri perubahan yang terjadi saat ini, sehingga saya dapat mengambil hikmah
pada masa pandemi ini saya bisa berkreasi dengan pembelajaran via youtube,
pembelajaran ini juga relevan dengan TPACK (Technology Pedagogy Content
Knowledge) yang merupakan kerangka integrasi pembelajaran berbasis
teknologi.
FEBRY SATYA
PENDIDIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar